Senin, 20 Juli 2009

Cara Membuat wordpress secara Offline (Tidak Online)

Kini kita mengetahui banyak sekali blog-blog gratis tetapi cara mendesainnya harus lah secara online.Tapi bagaimana jika kita baru belajar membuat blog dan juga apalagi jika di rumah kita tidak terhubungdengan internet jadi harus ke warnet dan butuh waktu yang banyak untuk mempelajari dan mendesain tampilannya bukan hanya itu uang yang kita keluarkan juga sangat banyak.

Tapi kini ada cara yang lebih menghemat uang anda untuk mempelajari dan mendesain blog tanpa harus online terus-menerus dengan menggunakan (XAMPP)localhost dan menggunakan Wordpress 2.7.

anda dapat mendownload nya di sini:

XAMPP(localhost)

Wordpress

Langkah pemakaian:


  1. Setelah anda mendownload nya anda langsung saja extract file tersebut menggunakan Winrar atau IZArc.

  2. Arahkan extract kan file localhost anda ke localdisk C: (localdisk tempat anda menginstal windows anda).

  3. Setelah selesai extract file wordpress di mana saja.

  4. lalu pindahkan(CUT) file hasil extract dari wordpress folder xampp/htdocs (C:xampphtdocs) lalu letakkan(Paste) file Wordpress anda.

  5. Setelah anda meletakkan file tersebut di dalam folder XAMPP terdapat aplikasi yang bernama xampp-control.exe jalankan apikasi tersebut dan akan keluar pilihan Apache,MySql,Filezilla,dan Mercury. Klik START pada Apache dan MySql saja sisanya tidak usah.

  6. Setelah itu klik tanda X pada bagian pojok kanan atas aplikasi xampp-control.exe ingat jangan menggunakan button EXIT.

  7. Lalu buka aplikasi Browsing anda seperti Internet Explorer(IE),Mozilla Firefox,Opera,dll.

  8. Ketik pada kotak address http://localhost ketika anda ketik itu ada pilihan bahasa.

  9. setelah itu ketikkan http://localhost/security/index.php klik tulisan http://localhost/security/index.php yang di cetak tebal.

  10. Anda akan masuk ke menu untuk memasukkan password dan Username untuk Keamanan.

  11. Pada Kolom paswword di MYSQL SECTION: "ROOT" PASSWORD masukkan password anda dan pada kolom username dan password di XAMPP DIRECTORY PROTECTION (.htaccess) masukkan username:root dan password: (terserah anda)

  12. Setelah itu ketikkan pada kotak address anda http://localhost/phpmyadmin/

  13. Massukkan Username:root dan password yang telah ada isi tadi.

  14. Setelah masuk buatlah sebuah database kosong dan beri nama terserah anda sebagai contoh R@R_Database

  15. Setelah jadi database nya ketik lagi pada kolom address http://localhost/wordpress

  16. Pada tahap konfigurasi Wordpress anda isi kolom Database Name(Nama Database) dengan nama database yang telah anda tentukan tadi dan sebagai contoh di sini saya menggunakan nama database yang saya gunakan tadi R@R_Database, Pada kolom Username isi dengan root dan isikan dengan password yang anda isikan ketika mengisi kolom di http://localhost/security/index.php

  17. Pada kolom Database Host isikan localhost jika sudah ada biarkan saja dan table prefix biarkan saja lalu klik submit

  18. Setelah itu keluar kolom Blog Title(Nama Blog) Dan alamat Email isi sesuai anda.

  19. setelah semua selesai di isi akan keluar Username:admin dan password:(tulisan acak) copy password anda dan paste ke notepad.

  20. Setelah itu keluar kotak login isikan Username: admin dan password:(tulisan acak yang tadi anda copy)

  21. Setelah masuk klik menu User di sebelah kiri. Lalu pilih add new Isikan dataUsername,First Name,Last Name,Email,Website dan Password dan pada kolom role jadikan(pilih) administrator.

  22. Setelah itu Log Out dan masuk lagi ke wordpress dengan Username dan Password yang baru anda buat tadi.

  23. Lalu masuk ke menu User lagi yang ada pada sebelah kiri dan pilih Authors & User lalu hapus account dengan nama account admin.

  24. Setelah semua selesai tinggal otak-atik deh blog anda.

  25. Selamat Berjuang


0 komentar:

Posting Komentar